Implementasi E-CRM Berbasis Web Mobile pada Perpustakaan SMP Negeri 2 Luragung
DOI:
https://doi.org/10.25134/scientificexploration.v1i2.24Abstract
Perpustakaan SMP Negeri 2 Luragung, yang berlokasi di Desa Wilanagara, Kecamatan Luragung, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, saat ini menggunakan sistem pelayanan terbuka (open access). Namun, proses peminjaman dan pengembalian buku masih dilakukan secara manual, yang menyebabkan kesulitan bagi siswa dalam mencari buku dan mengecek ketersediaan stok. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem informasi perpustakaan berbasis web dan mobile dengan menerapkan konsep Electronic Customer Relationship Management (E-CRM). Penerapan E-CRM mencakup fitur pencarian dan pemesanan buku, notifikasi batas waktu peminjaman, serta pemberian reward bagi peminjam. Sistem ini dikembangkan menggunakan metode Waterfall yang meliputi tahap Requirement Analysis, System and Software Design, Implementation and Unit Testing, Integration and System Testing, serta Operation and Maintenance. Hasil pengujian dengan metode White Box dan Black Box Testing menunjukkan bahwa aplikasi yang dikembangkan memudahkan anggota perpustakaan dalam mencari dan memesan buku. Sistem ini juga membantu petugas perpustakaan dalam mengelola data stok buku, data anggota, pemesanan, transaksi peminjaman dan pengembalian, pembayaran denda, serta data kunjungan.
References
A.S., Rosa dan Shalahuddin, M. (2013). “Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur
dan Berorientasi Objek”. Bandung : Informatika. Hlm. 26, 30-34, 38-39,
-118.
Amin Widjaja. (2008). “Dasar Dasar Customer Relationship Management”.
Jakarta : Harvarindo.
Ariani Sukamto, R., & Shalahuddin, M. (2016). “Rekayasa Perangkat Lunak”
Informatika : Bandung.
Arief, M. Rudianto. (2011). “Pemrograman Web Dinamis menggunakan PHP
dan MySQL”. Yogyakarta: C.V Andi Offset.
Bafadal, I. (2015). “Pengelolaan Perpustakaan Sekolah”. Jakarta: Bumi Aksara.
Bekti, Humaira’Bintu. (2015). “Mahir Membuat Website dengan Adobe
Dreamweaver CS6, CSS, dan JQuery”. Yogyakarta : ANDI.
Brown, A. Stanley. (2014). Customer Relationship Management : Strategic
Imprerative in The World of E-Business. Kanada : John Wiley & Sons
Canada Limited.
Buana, I Komang Setia. (2014). “Jago Pemrograman PHP”. Dunia Komputer,
Jakarta, Indonesia.
Budiman, Agustiar. (2014). “Pengujian Perangkat Lunak dengan Metode Black
Box Pada Proses Pra Registrasi User Via Website”. Makalah, halaman 4.
Buttle, Francis. (2007). “Customer Relationship Management (Manajemen
Hubungan Pelanggan) Conceptsand Tools”. Jakarta : Bayumedia.
Buttle, Ningsih, dkk. (2016). “Customer Relationship Management”.
Diterjemahkan oleh Arif Subiyanto. Malang : Bayumedia Publishing.
Chaffey, D. (2011). “E-Business and E-Commerce Management : Strategy,
Implementation, and Practice (5th)”. Pearson Education.
Deddy Mulyadi. (2015). “Study Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik”.
Bandung : Alfabeta.
Febrianingtyas, et.al. (2014). “Pengaruh customer relationship management
terhadap kepuasan dan loyalitas nasabah (survei pada nasabah bank Jawa
Timur cabang gedung inbis Malang)”. Vol.9. No.2. Hal. 1-10.
Goal, L, Jimmy. (2008). “Sistem Informasi Manajemen Pemahaman dan
Aplikasi”. Jakarta : PT Grasindo.
Jogiyanto, H.M. (2010). Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi
Offest.
Kotler & Keller, Iriandini dkk. (2015). Manajemen Pemasaran. Terjemahan oleh
Benyamin Molan. Edisi Keduabelas. Jilid 1. Jakarta : Indeks.
Ladjamudin, Al-Bahra Bin. (2013). Analisis dan Desain Sistem Informasi.
Yogyakarta : Graha Ilmu.
Laudon, Kenneth C & Laudon, Jane P. (2014). “Sistem Informasi Manajemen :
Mengelola Perusahaan Digital Edisi 13”. Jakarta : Penerbit Salemba
Empat.
Lubis, Adyanata. (2016). “Basis Data Dasar Untuk Mahasiswa Ilmu Komputer”.
Yogyakarta : CV. Budi Utama.
MADCOMS. (2016). “Pemrograman PHP dan MySQL untuk Pemula”.
Yogyakarta : C.V Andi Offset.
Mira Afrina, Ali Ibrahim. (2013). Rancang Bangun Electronic Customer
Relationship Management (E-CRM) Sebagai Sistem Informasi Dalam
Peningkatan Layanan Perpustakaan Digital Fakultas Komputer Unsri.
Jurusan Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer : Unsri. Vol. 5, No. 2.
Muhamad, Irsan. (2017). Aplikasi Perpustakaan Menggunakan Pendekatan
Customer Relationship Management (CRM). Program Studi Teknik
Informatika : Universitas Indraprasta PGRI. Vol. 1, No. 3.
Mulyadi, Deddy. (2015). “Study Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik”.
Bandung : Alfabeta.
Ningsih, dkk., (2016). “Pengaruh Customer Relationship Management (CRM)
Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan”. Jurnal Administrasi Bisnis
(JAB). 30 (1), pp. 171-177.
Nugroho, Bunafit. (2013). Membuat Aplikasi Web : Sistem Informasi
Perpustakaan dengan PHP-MySQL”. Yogyakarta : Gava Media.
O’Brien JA, dan Marakas. GM (2014). “Management Information System :
Managing Information Technology in The E-Business Enterprises”. 10th
edition, Irwin Inc. Boston.
Prasetio, Adhi. (2015). “Buku Pintar Pemrograman Web”. Jakarta : Mediakata.
Pressman,Ph.D. Roger S. (2010). “Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan
Praktisi”. Yogyakarta: Andi Offset.
Putri Taqwa Prasetyaningrum, Ozzi Suria, Arita Witanti. (2018). Perancangan EResource Perpustakaan Menggunakan Customer Relationship Management
Berbasis Mobile. Sistem Informasi : Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
Raharjo, Budi. (2015). “Belajar Otodidak MySql”. Bandung : Informatika.
Raharjo, Budi. (2016). “Modul Pemrograman WEB (HTML, PHP & MySQL)
Edisi Ketiga”. Bandung : Modula.
RM Endhar Priyo Utomo, SS. (2018). Mengembangkan Customer Relationship
Marketing Di Perpustakaan. Universitas Diponegoro : Semarang. Vol. 3,
No. 2.
Romney, Marshall B. dan Steinbart. (2015). “Sistem Informasi Akuntansi”. Edisi
, alihbahasa : Kikin Sakinah Nur Safira dan Novi Puspasari, Salemba
Empat, Jakarta.
S, Rosa, A dan Shalahudin, M. (2015). “Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur
dan Berorientasi Objek”. Informatika : Bandung
Scot A. Helmers et al. (2013). “Microsoft Visio 2013 Step by Step”, Redmond :
Microsoft Press.
Siti, Nurajizah. (2019). Implementasi E-CRM berbasis Web pada Perpustakaan
Digital Sekolah Gema Nurani. Program Studi Sistem Informasi : Universitas
Bina Sarana Informatika. Vol. 9, No. 1.
Sommerville, Ian. (2011). Software Engineering (Rekayasa Perangkat Lunak).
Jakarta : Erlangga.
Subhan, Mohamad. (2012). “Analisa Perancangan Sistem”. Jakarta : Lentera Ilmu
Cendikia.
Suryana, Taryana dan Koesheryatin. (2014). “Aplikasi Internet Menggunakan
HTML, CSS, & JavaScript”. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.
Tata Sutabri. (2012). “Analisis Sistem Informasi”. Yogyakarta : Andi.
Tjiptono, Fandy. (2014). “Pemasaran Jasa”. Yogyakarta: Andi Offset.
Tri Susilowati, Agus Suryana. (2012). Analisis Penerapan Customer Relationship
Management (CRM) Pada Perpustakaan STMIK Pringsewu Dalam Upaya
Meningkatkan Kepuasan Mahasiswa. Jurusan Sistem Informasi : STMIK
Pringsewu.
Turban, Efraim. et al. (2012). “Electronic Commerce”. Prentice Hall.
Utomo, Eko Priyo. (2013). “Mobile Web Programming HTML, CSS3, jQuery
Mobile”. Yogyakarta : Andi.
Wilde, S. (2011). “Customer Knowledge Management : Improving Customer
Relationship through Knowledge Application”. Berlin Heidelberg :
Springer.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.