Pendekatan Metode TOPSIS untuk Evaluasi Loyalitas Pelanggan Berdasarkan Kesamaan dengan Solusi Ideal
DOI:
https://doi.org/10.25134/scientificexploration.v2i1.29Keywords:
Loyalitas Pelanggan, Topsis, Evaluasi Pelanggan, Sistem Penunjang KeputusanAbstract
Penentuan loyalitas pelanggan yang tepat adalah salah satu faktor kunci dalam menjaga pelanggan agar tetap berlangganan. Di Toko AD Utama Jalaksana, proses ini masih dilakukan secara acak, hanya berdasarkan jumlah pembelian tertentu. Oleh karena itu, diperlukan sistem pendukung keputusan yang mampu membantu dalam menentukan loyalitas pelanggan secara lebih terstruktur. Untuk menyelesaikan masalah ini, digunakan metode TOPSIS (Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution). Metode TOPSIS dipilih karena memiliki konsep yang sederhana dan mudah dipahami, serta mampu mengukur kinerja relatif dari berbagai alternatif keputusan dengan perhitungan matematika yang sederhana dan komputasi yang efisien. Pengembangan sistem menggunakan metode Waterfall, dengan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai basis data. Sistem ini menghasilkan laporan penilaian pelanggan yang menampilkan peringkat dari yang memiliki nilai loyalitas tertinggi hingga terendah, sehingga membantu toko dalam menentukan pelanggan yang paling loyal.
References
Jihad, M. A. (2019). Pemanfaatan Metode Technique for Order Preference By Similiarity To Ideal Solution (Topsis) Untuk Menentukan Pelanggan Terbaik. Jurnal Informasi Dan Komputer, 7(1), 1–6. https://doi.org/10.35959/jik.v7i1.117
Ebrahimi, E., Fathi, M. R., & Sobhani, S. M. (2023). A modification of technique for order preference by similarity to ideal solution (TOPSIS) through fuzzy similarity method (a numerical example of the personnel selection). Journal of applied research on industrial engineering, 10(2), 203-217.
Presman, R. (2010). Software Engineering A Practitiooner’s Approach (7th Edition Ed) New York, Ny, Usa:Mcgraw Hill
Nuriman, N., Darmawan, E., & Muhsin, M. (2024). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pupuk Efektif Untuk Budidaya Bawang Merah di Kecamatan Brebes Menggunakan Metode Additive Ratio Asessment (ARAS). Journal of Technology and Informatics (JoTI), 5(2), 125-135.
Sommerville, I. (2011). Software Engineering 9th Edition. Addison-Wesley.
Windarto, A. P. (2017). Implementasi Metode Topsis Dan Saw Dalam Memberikan Reward Pelanggan. Klik - Kumpulan Jurnal Ilmu Komputer, 4(1), 88. https://doi.org/10.20527/klik.v4i1.73
Larasati, M. D., & Satriadi, I. (2020). Model Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi Pengolahan Nilai Pada SMP Kartika XI-3 Jakarta Timur. VI(1), 135–140. https://doi.org/10.31294/jtk.v4i2
Susilo, M., & Kurniati, R. (2018). RANCANG BANGUN WEBSITE TOKO ONLINE MENGGUNAKAN METODE WATERFALL. 2(2), 98–105.
Marudut, V., Siregar, M., S, S. S., & Damanik, E. (2021). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PELANGGAN TERBAIK. 4, 239–244.
Indina, F., Purnama, I., Harahap, S. Z., Kunci, K., & Saw, M. (2021). Analisa Metode SAW Dalam SPK Penentuan Pelanggan Terbaik. 4(2), 7–14.
Kurnialensya, T., & Rohmad Abidin. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Pelanggan Terbaik Dan Pemberian Diskon Menggunakan Metode Saw &Topsis. Elkom : Jurnal Elektronika Dan Komputer, 13(1), 18–33. https://doi.org/10.51903/elkom.v13i1.135
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Riki Aripani, Erlan Darmawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.