Pendekatan Metode TOPSIS untuk Evaluasi Loyalitas Pelanggan Berdasarkan Kesamaan dengan Solusi Ideal

Authors

  • Riki Aripani Universitas Kuningan
  • Erlan Darmawan Universitas Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.25134/scientificexploration.v2i1.29

Keywords:

Loyalitas Pelanggan, Topsis, Evaluasi Pelanggan, Sistem Penunjang Keputusan

Abstract

Penentuan loyalitas pelanggan yang tepat adalah salah satu faktor kunci dalam menjaga pelanggan agar tetap berlangganan. Di Toko AD Utama Jalaksana, proses ini masih dilakukan secara acak, hanya berdasarkan jumlah pembelian tertentu. Oleh karena itu, diperlukan sistem pendukung keputusan yang mampu membantu dalam menentukan loyalitas pelanggan secara lebih terstruktur. Untuk menyelesaikan masalah ini, digunakan metode TOPSIS (Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution). Metode TOPSIS dipilih karena memiliki konsep yang sederhana dan mudah dipahami, serta mampu mengukur kinerja relatif dari berbagai alternatif keputusan dengan perhitungan matematika yang sederhana dan komputasi yang efisien. Pengembangan sistem menggunakan metode Waterfall, dengan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai basis data. Sistem ini menghasilkan laporan penilaian pelanggan yang menampilkan peringkat dari yang memiliki nilai loyalitas tertinggi hingga terendah, sehingga membantu toko dalam menentukan pelanggan yang paling loyal.

References

Jihad, M. A. (2019). Pemanfaatan Metode Technique for Order Preference By Similiarity To Ideal Solution (Topsis) Untuk Menentukan Pelanggan Terbaik. Jurnal Informasi Dan Komputer, 7(1), 1–6. https://doi.org/10.35959/jik.v7i1.117

Ebrahimi, E., Fathi, M. R., & Sobhani, S. M. (2023). A modification of technique for order preference by similarity to ideal solution (TOPSIS) through fuzzy similarity method (a numerical example of the personnel selection). Journal of applied research on industrial engineering, 10(2), 203-217.

Presman, R. (2010). Software Engineering A Practitiooner’s Approach (7th Edition Ed) New York, Ny, Usa:Mcgraw Hill

Nuriman, N., Darmawan, E., & Muhsin, M. (2024). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pupuk Efektif Untuk Budidaya Bawang Merah di Kecamatan Brebes Menggunakan Metode Additive Ratio Asessment (ARAS). Journal of Technology and Informatics (JoTI), 5(2), 125-135.

Sommerville, I. (2011). Software Engineering 9th Edition. Addison-Wesley.

Windarto, A. P. (2017). Implementasi Metode Topsis Dan Saw Dalam Memberikan Reward Pelanggan. Klik - Kumpulan Jurnal Ilmu Komputer, 4(1), 88. https://doi.org/10.20527/klik.v4i1.73

Larasati, M. D., & Satriadi, I. (2020). Model Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi Pengolahan Nilai Pada SMP Kartika XI-3 Jakarta Timur. VI(1), 135–140. https://doi.org/10.31294/jtk.v4i2

Susilo, M., & Kurniati, R. (2018). RANCANG BANGUN WEBSITE TOKO ONLINE MENGGUNAKAN METODE WATERFALL. 2(2), 98–105.

Marudut, V., Siregar, M., S, S. S., & Damanik, E. (2021). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PELANGGAN TERBAIK. 4, 239–244.

Indina, F., Purnama, I., Harahap, S. Z., Kunci, K., & Saw, M. (2021). Analisa Metode SAW Dalam SPK Penentuan Pelanggan Terbaik. 4(2), 7–14.

Kurnialensya, T., & Rohmad Abidin. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Pelanggan Terbaik Dan Pemberian Diskon Menggunakan Metode Saw &Topsis. Elkom : Jurnal Elektronika Dan Komputer, 13(1), 18–33. https://doi.org/10.51903/elkom.v13i1.135

Downloads

Published

2024-11-25

How to Cite

Riki Aripani, & Erlan Darmawan. (2024). Pendekatan Metode TOPSIS untuk Evaluasi Loyalitas Pelanggan Berdasarkan Kesamaan dengan Solusi Ideal . Scientific Exploration: Journal of Indonesian Academic Research, 2(1), 24–37. https://doi.org/10.25134/scientificexploration.v2i1.29