Peningkatan Penjualan Melalui Strategi Customer Relationship Management Analytical pada Pasla Second Store
DOI:
https://doi.org/10.25134/scientificexploration.v2i1.3Keywords:
Sistem Informasi, Customer Relationship Management Analytical, OLAP, Web, WaterfallAbstract
Toko Pasla Second Store, sebagai usaha penjualan pakaian, menghadapi beberapa kendala seperti kesulitan dalam menganalisis produk yang terjual karena proses pencatatan masih bersifat konvensional menggunakan buku. Selain itu, pelanggan diharuskan datang langsung ke toko untuk melakukan pembelian barang, dan upaya promosi serta penjualan online melalui media sosial dianggap kurang optimal karena hanya dapat diakses oleh orang-orang yang memiliki kontak, sedangkan pelanggan baru tidak dapat mengetahui informasi promosi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah sistem berbasis web yang menyediakan informasi produk yang detail dan jelas, promosi yang terperinci, kemudahan transaksi online bagi pelanggan, serta memudahkan perusahaan dalam mengelola dan menyimpan laporan penjualan. Konsep Customer Relationship Management (CRM) Operasional dan CRM Analytical diterapkan dengan menggunakan metode Online Analytical Processing (OLAP). Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode waterfall, yang melibatkan analisis kebutuhan, desain sistem, penulisan kode program, pengujian program, dan implementasi. Pengembangan sistem ini menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL. Hasil dari penelitian ini mencakup fitur kategori untuk menampilkan informasi detail produk, fitur belanja produk, fitur chat untuk menjawab pertanyaan pelanggan, fitur ulasan setelah pembelian, fitur pencatatan dan penyimpanan laporan penjualan, serta tampilan grafik untuk analisis produk yang terjual. Sistem yang dikembangkan membawa manfaat signifikan, memudahkan pelanggan dalam mendapatkan informasi dan melakukan pembelian, sementara juga mempermudah Pasla Second Store dalam memberikan informasi, promosi, dan pelayanan kepada pelanggan.
References
Achmad Ali Fikri, Syamsul Arifin, M. F. F. (2022). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN THRIFTING BERBASIS WEB. Jurnal Akbar Juara, 2(8.5.2017), 2003–2005.
Agung, O., & Kom, W. M. (n.d.). ERD ( Entity Relationship Diagram ).
Herdiyanti, R. (2023). Sistem Informasi Penjualan Online Pada Pt. Sr12 Herbal Perkasa Distributor Utama Bekasi. Rabit : Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Univrab, 8(1), 35–46. https://doi.org/10.36341/rabit.v8i1.2974
Jakaria, D. A., & Sentosa, Y. B. (2019). Sistem Informasi Penjualan Barang Pada Toko Bangunan Sribayu Berbasis Web. Jurnal Manajemen Dan Teknik Informatika, 3(1), 301–310.
Puspita Sari, E., Pudjiarti, E., & Susanti, H. (2020). Sistem Informasi Penjualan Pakaian Wanita Berbasis Web (E-Commerce) pada PT Bunitop Indonesia. Jurnal Teknologi Informasi Mura, Universitas Bina Insan Lubuklinggau, 12(01), 1–13.
Sasmita Susanto, E., Karisma, Y., & Isnaeni, S. (2019). Sistem Informasi Penjualan Pada Toko Jilbab Rjs Kabupaten Sumbawa Berbasis Web. Jurnal Informatika, Teknologi Dan Sains, 1(2), 97–103. https://doi.org/10.51401/jinteks.v1i2.414
Setiawan, J., Wardhanie, A. P., & Rahmawati, E. (2023). Aplikasi E-Commerce Untuk Meningkatkan User Experience Pada Pt. Jaya Utama Bearing. Rabit : Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Univrab, 8(2), 221–230. https://doi.org/10.36341/rabit.v8i2.3528
Sitorus, A., Siregar, I. K., Informasi, S., & Royal, S. (2022). Implementasi CRM Dalam Meningkatkan Pelanggan Pada All Olshop Tanjung Balai. 9(3).
Yudahana, A., Riadi, I., & Elvina, A. (2023). Perancangan Sistem Informasi Pendaftaran Peserta Didik Baru (Ppdb) Berbasis Web Menggunakan Metode Rapid Apllication Development (Rad). Rabit : Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Univrab, 8(1), 47–58. https://doi.org/10.36341/rabit.v8i1.2977
Zaliluddin, D. (1861). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN BERBASIS WEB ( STUDI KASUS PADA NEWBIESTORE ). 24–27.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ajeng Putri Andini, Aji Permana, Nunu Nugraha

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.