Analisis Nilai-Nilai Karakter pada Buku Tematik Kelas 2 Tema 2 Bermain Di Lingkunganku
DOI:
https://doi.org/10.25134/scientificexploration.v1i1.4Keywords:
Buku Tematik, Kurikulum 2013, Nilai-nilai KarakterAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena sudah banyak buku yang digunakan selama proses pembelajaran oleh guru ataupun siswa sebagai salah satu sumber belajar. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan nilai-nilai karakter yang terdapat pada buku tematik kelas 2 tema 2 bermain di lingkunganku. Metode yang digunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian analisis deskriptif. Hasil analisis pada buku tematik kelas 2 tema 2 bermain di lingkunganku yaitu terdapat delapan nilai-nilai karakter yang ditemukan pada buku tersebut. Nilai karakter yang ditemukan diantaranya nilai karakter bersahabat/komunikatif, rasa ingin tahu, disiplin, kreatif, cinta Tanah Air, peduli lingkungan, kerja keras dan cinta damai. Nilai karakter yang paling banyak ditemukan yaitu nilai karakter bersahabat/komunikatif.
References
Hasanah, A., Gustini, N., dan Rohaniawati, D. (2016). Nilai-Nilai Karakter Sunda (Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Sunda di Sekolah). Yogyakarta: Depublish.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter Jadi Pintu Masuk Pembenahan Pendidikan Nasional. Jakarta: Kemendikbud.
Komalasari, K. dan Saripudin, D. (2017). Pendidikan Karakter Konsep dan Aplikasi Living Values Education. Bandung: PT Refika Aditama.
Lubis,. M,. A. Azizan,. N. (2020). Pembelajaran Tematik SD/MI. Jakarta: Kencana.
Novianto,. A dan Mustadi,. A.(2015).’’Penelitian Inovasi Pembelajaran. Analisis Buku Teks Muatan Tematik Integratif, Scientific Approach, dan Authentic Assessment Sekolah Dasar’’. Jurnal Kependidikan. 45, (1), 1-15.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Standar Penilaian Pendidikan Nomor 66 Tahun 2013. Jakarta: Permendikbud.
Putri,. N,. A.(2011). ‘’Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Melalui Mata Pelajaran Sosiologi’’. International Journal Of Indonesian Society And Culture.3. (2), 205-215.
Sari,. I,. P. Syamsi,. K. (2015).’’Development Thematic Integratif Textbooks Based On Discipline And Responsibility Values In Elementary School’’. Jurnal Prima Edukasia: 3, (1).
Sulastri,. (2018). Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Kimia. Banda Aceh: Syiah Kuala Universisty Press.
Surapaty, S, C. (2017). Buku Pegangan Kader BKB dan Orang Tua tentang Penanaman dan Penerapan Nilai Karakter Melalui 8 Fungsi Keluarga. Jakarta: Bahan Penyuluhan Bina Keluarga Balita dan Anak.
Umrati dan Wijaya. H. (2020). Analisis Data Kualitatif Teori Konsep dalam Penelitian Pendidikan. Makasar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.
Yaumi, M. (2016). Pendidikan Karakter Landasan Pilar dan Implementasi. Jakarta: Prenamedia Grup.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Myrna Apriany Lestari, Dina Aldina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.