Analisis Nilai-Nilai Karakter pada Buku Tematik Pegangan Guru Kelas V Semester 1

Authors

  • Riki Alfian Universitas Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.25134/scientificexploration.v1i1.7

Keywords:

Analisis, Nilai-nilai karakter, Buku tematik guru kelas V

Abstract

Krisis moral menimbulkan kondisi karakter peserta didik menjadi rendah. Hal ini menyebabkan munculnya kurikukum 2013 yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai karakter kepada peserta didik, salah satu cara yang ditempuh adalah memasukan nilai-nilai karakter pada buku tematik pegangan guru kelas v semester 1. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai nilai-nilai karakter yang terkandung dalam buku tematik pegangan guru kelas v semester 1. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi (Content Analisis). Sumber data pada penelitian ini yakni buku tematik pegangan guru kelas v semester 1 yang ditulis maryanto,dkk mencakup tema 1 “Organ Gerak Hewan dan Manusia”, tema 2 “Udara Bersih bagi Kesehatan” ditulis oleh henny kusumawati,dkk, tema 3 “Makanan Sehat” ditulis oleh fransiska wahyu,dkk, tema 4 “Sehat itu Penting” ditulis oleh rinovia simanjuntak,dkk, diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayan. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yakni observasi, studi dokumen dan teknik baca catat. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa analisis nilai-nilai karakter dalam buku tematik pegangan guru kelas v semester 1 menunjukkan adanya nilai karakter yang muncul terdapat 14 nilai karakter. Sedangkan nilai karakter yang tidak muncul terdapat 4 nilai karakter yakni nilai karakter toleransi, kerja keras, semangat kebangsaan, dan peduli sosial.

References

Hasanah, A., Gustini, N., dan Rohaniawati, D. (2016). Nilai-Nilai Karakter Sunda (Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Sunda di Sekolah). Yogyakarta: Depublish.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter Jadi Pintu Masuk Pembenahan Pendidikan Nasional. Jakarta: Kemendikbud.

Komalasari, K. dan Saripudin, D. (2017). Pendidikan Karakter Konsep dan Aplikasi Living Values Education. Bandung: PT Refika Aditama.

Lubis,. M,. A. Azizan,. N. (2020). Pembelajaran Tematik SD/MI. Jakarta: Kencana.

Novianto,. A dan Mustadi,. A.(2015).’’Penelitian Inovasi Pembelajaran. Analisis Buku Teks Muatan Tematik Integratif, Scientific Approach, dan Authentic Assessment Sekolah Dasar’’. Jurnal Kependidikan. 45, (1), 1-15.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Standar Penilaian Pendidikan Nomor 66 Tahun 2013. Jakarta: Permendikbud.

Putri,. N,. A.(2011). ‘’Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Melalui Mata Pelajaran Sosiologi’’. International Journal Of Indonesian Society And Culture.3. (2), 205-215.

Sari,. I,. P. Syamsi,. K. (2015).’’Development Thematic Integratif Textbooks Based On Discipline And Responsibility Values In Elementary School’’. Jurnal Prima Edukasia: 3, (1).

Sulastri,. (2018). Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Kimia. Banda Aceh: Syiah Kuala Universisty Press.

Surapaty, S, C. (2017). Buku Pegangan Kader BKB dan Orang Tua tentang Penanaman dan Penerapan Nilai Karakter Melalui 8 Fungsi Keluarga. Jakarta: Bahan Penyuluhan Bina Keluarga Balita dan Anak.

Umrati dan Wijaya. H. (2020). Analisis Data Kualitatif Teori Konsep dalam Penelitian Pendidikan. Makasar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

Yaumi, M. (2016). Pendidikan Karakter Landasan Pilar dan Implementasi. Jakarta: Prenamedia Grup.

Downloads

Published

2023-11-23

How to Cite

Riki Alfian. (2023). Analisis Nilai-Nilai Karakter pada Buku Tematik Pegangan Guru Kelas V Semester 1 . Scientific Exploration: Journal of Indonesian Academic Research, 1(1), 38–48. https://doi.org/10.25134/scientificexploration.v1i1.7